MotoGP Terganggu Krisis Global
2009-01-05 20:08:12

772dovizioso-+-pedrosa-02---hp.jpgKrisis ekonomi global menggebuk MotoGP. Tim Suzuki sempat guncang. Bahkan pabrikan sebesar Honda pun digosipin cabut dari balap motor prototipe itu. Ini jelas bikin bos Dorna, Carmelo Ezpeleta ketar-ketir. Honda punya enam rider di tiga tim mereka. Dan, Suzuki, meski 2009 nanti cuma daftarin dua joki dari tim pabrikan, toh mereka konsisten di MotoGP.

Gosip kepergian Honda muncul karena pabrikan ini menyatakan mundur dari balap mobil Formula 1 (F1). Itu diprediksi berdampak ke MotoGP. Sebab, mobil dan motor berada dalam satu payung di Jepang.

Diungkap bos organisasi joki GP (IRTA), Herve Poncharal. “Berhentinya tim F1 Honda yang disampaikan Takanao Tsubouchi, wakil Honda di Motorcycle Sport Manufacturers Association (MSMA), merupakan kejutan. Ia mewakili pabrikan Honda. Tapi ia bukan juru bicara Honda di MotoGP. Dan Tsubouchi juga menyakinkan kami, pabrikan Honda takkan meninggalkan MotoGP. Aku pun telah bicara dengan manajer tim satelit Honda, Fausto Gresini dan Lucio Cecchinello. Mereka tetap percaya Honda akan terus berkiprah di MotoGP,” jelas Poncharal.

Kisruh diperparah dengan kondisi Suzuki. Kesulitan dana ‘Tim Biru Langit’ ini dikemukakan bos mereka, Paul Denning. Ini diungkap setelah tim Suzuki belum juga menunjukkan hasil di MotoGP. “Karena dana, musim depan tetap sulit bersaing dengan Yamaha, Ducati atau Honda,” cetus Denning yang mengacu hasil Chris Vermeulen dan Loris Capirossi.

Tim udah berusaha mendongkrak performa mesin V4 GSV-R. Toh mereka terkendala dana. Apalagi Suzuki udah mengundurkan diri dari kejurdu reli (WRC). “Mengejar ketertinggalan kembali ke soal dana. Dan itu berat dengan krisis ekonomi global. Suntikan dana makin sulit diharap. Suzuki tak perlu menambah budget karena akan memberatkan tim,” lanjut Denning.

Paling penting bagi Denning, Suzuki tetap bertahan di MotoGP. Dengan kombinasi joki tua-muda pada diri Vermeulen dan Capirossi, ia yakin tim ini akan bersuara. “Tim harus tetap mengontrol pengeluaran,” tegas Denning yang masih bernegoisasi dengan sponsor, Rizla.

Hmmm…, mirip krisis road race di Tanah Air, ya!

DAFTAR SEMENTARA JOKI MOTOGP

Sementara Dorna kelimpungan dengan isu mundurnya Honda dan Suzuki, FIM melansir daftar sementara joki peserta MotoGP 2009. Tercatat 19 pembalap akan ikut pada 18 seri yang akan digelar.

Penambahan satu joki privateer dari Ducati, yaitu Sete Gibernau. Ducati pun merekrut dua rider baru di tim Pramac, yaitu Mika Kallio dan Niccolo Canepa. Mereka gantiin posisi Toni Elias yang mudik ke Honda Gresini dan Sylvain Guintoli. Honda merekrut Yuki Takahashi untuk mengisi sadel tim satelit Scot Racing.

Pertukaran lainnya, Nicky Hayden gantiin Marco Melandri di tim Ducati. Melandri cabut ke Kawasaki. Sementara sadel RC212V di Repsol Honda peninggalan Hayden diduduki Andrea Dovizioso.

Menariknya lagi, Jorge Lorenzo menanggalkan nomor kebanggaannya, 48. Rookie MotoGP 2008 terbaik ini akan pakai nomor 99. Sementara itu, Dani Pedrosa pun kudu melepas nomor dua menjadi nomor tiga. Dan, Casey Stoner kembali pakai nomor 27. artinya, nomor start 1 dan 2 tidak ada yang pakai.

Berikut daftar peserta MotoGP 2009.

3. Dani Pedrosa (Spanyol) Repsol Honda Team
4. Andrea Dovizioso (Italia) Respol Honda Team
5. Colin Edwards (Amerika) Tech 3 Yamaha
7. Chris Vermeulen (Australia) Rizla Suzuki MotoGP
14. Randy de Puniet (Perancis) LCR Honda MotoGP
15. Alex de Angelis (San Marino) San Carlo Honda Gresini
21. John Hopkins (Amerika) Kawasaki Racing Team
24. Toni Elias (Spanyol) San Carlo Honda Gresini
27. Casey Stoner (Australia) Ducati Marlboro Team
33. Marco Melandri (Italia) Kawasaki Racing Team
36. Mika Kallio (Finlandia) Pramac Racing
46. Valentino Rossi (Italia) Fiat Yamaha Team
52. James Toseland (Inggris) Tech 3 Yamaha
59. Sete Gibernau (Spanyol) Grupo Francisco Hernando
65. Loris Capirossi (Italia) Rizla Suzuki MotoGP
69. Nicky Hayden (Amerika) Ducati Marlboro Team
72. Yuki Takahashi (Jepang) Scot Racing Team MotoGP
88. Niccolo Canepa (Italia) Pramac Racing
99. Jorge Lorenzo (Spanyol) Fiat Yamaha Team

2010 GP600 LAWAN GP250

Kemunculan kelas baru GP600 yang disebut Moto2 dipercepat. Rencananya, motor berkapasitas 600 cc itu mulai turun 2010. Tapi, di musim itu juga, GP250 tetap ada. Ini masa transisi. Kabar ini disampaikan wakil dari tim balap (IRTA), Mike Trimby.

Sementara ini, motor prototipe Moto2, dijadwalkan ikut kejurnas Spanyol. Niatnya mengukur performa dibanding GP250. Menurut Trimby sebaiknya musim 2010 perbandingan Moto2 dan GP250 sudah 50 berbanding 50. “Namun itu masih tergantung keputusan Dorna,” tegasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usaha Crepes di Cirebon

Pengertian Server dan Workstation