DONI TATA sudah tes 24 jam lebih


Sejak 3 Januari 2009 Doni Tata resmi menjajal Yamaha YZF-R6. Bersama timnya MG Racing, Perancis, doi melakukan tes resmi di sirkuit Portimao, Portugal, 23-25 Januari 2009. Total pengujian R6 yang full racing lebih dari 24 jam.

Wah, persoalan yang belum bisa diatasi Doni masih banyak. Terutama penyesuaian dari 250 cc 2-tak ke-600 cc full kompetisi. “Bobot motor dan tenaga mesin saat engine brake, berbeda dengan GP250,” bilang Doni yang chating sama Em-Plus.

Bicara bobot 600 cc, memang lebih berat 55 kg dibanding TZ250. Kecepatan maksimum R6 Doni mencapai 280 km/jam. Sedang TZ250 pernah dipakai cah Sleman ini mentok 262 km/jam di Indianapolis, Amrik, tahun lalu. “Di tikungan paling susah mengendalikannya setelah engine brake. Tenaganya besar dibanding 250 cc,” ujar Doni yang ditemani Edmond Cho alias Obos di Perancis.

R6 Doni punya vibrasi lebih pada kecepatan maksimum. Ini berbeda dengan TZ250 yang semakin kencang getarannya berkurang. “Mungkin kalau 250 cc, kan prototipe yang memang buat balap. Kalau 600 cc, basisnya motor harian, tapi dipakai balap,” ungkap Doni.

Hasil dari tes di Portimao kemarin, Doni di posisi 27 dari 29 peserta resmi World Supersport 2009. Catatan waktu tercepatnya 2 menit 18,8 detik. Tapi, dari 6 pengguna R6, Doni keempat. Dari sisi usia Doni paling muda di antara pembalap Yamaha yang di atas 25 tahun.

Jangan jadi juru kunci lagi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Server dan Workstation

MODUL PELATIHAN PHP

Usaha Crepes di Cirebon